Utusan Korsel Berangkat ke Amerika

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Dua utusan Korea Selatan berangkat ke Amerika Serikat, Kamis (08/03/2018), untuk bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster dan sejumlah pejabat lainnya, membahas hasil pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un awal pekan ini.

Kepala Kantor Keamanan Nasional Chung Eui-yong dan Kepala Badan Intelijen Nasional Suh Hoon juga akan berbicara dengan beberapa pemimpin departemen lain dan kemudian mungkin bertemu dengan Presiden Donald Trump atau Wakil Presiden Mike Pence, kata pejabat Korsel yang enggan disebut namanya.

Pejabat itu menyebut Chung sudah bicara dengan McMaster lewat telepon, tak lama setelah mengunjungi Korea Utara. Para utusan Korsel diperkirakan bakal menjelaskan kepada pihak AS soal sikap Korut terkait kemungkinan perundingan antara Washington dan Pyongyang, serta kemauan untuk menunda uji coba peluru kendali selama keamanan negaranya dijamin.

Menteri Pertahanan James Mattis menjawab hati-hati ketika ditanya soal kemungkinan bicara dengan Korut. "Jelas kami secara berhati-hati merasa optimistis akan ada perkembangan di sini," kata Mattis di Pentagon. (*)

BERITA REKOMENDASI