Vaksin Covid-19 AS Masuki Tahap Akhir Pengujian

PENGUJIAN vaksin Covid-19 di Amerika Serikat (AS) menunjukkan hasil yang diharapkan para ilmuwan, dengan meningkatkan sistem kekebalan manusia terhadap virus corona. Hasil positif itu dilaporkan peneliti pada Selasa (14/7/2020) di saat vaksin tersebut siap memulai pengujian akhir.

“Apa pun tanggapan Anda, ini adalah berita baik,” kata Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular pemerintah Amerika kepada kantor berita Associated Press.

Vaksin eksperimental yang dikembangkan di National Institutes of Health (Lembaga-Lembaga Kesehatan Nasional) dan Moderna Inc. itu akan memulai langkah terpentingnya sekira 27 Juli, yaitu percobaan pada manusia. Diwartakan VOA, sebanyak 30.000 orang yang akan berpartisipasi untuk membuktikan apakah vaksin itu benar-benar cukup kuat untuk melindungi diri dari virus corona.

Pada Selasa, para peneliti melaporkan temuan yang ditunggu-tunggu itu dari 45 relawan pertama yang menerima suntikan pada Maret. Dari hasil yang diketahui, vaksin itu memberikan tambahan kekebalan yang diharapkan.

Tubuh para relawan awal itu mengembangkan apa yang disebut antibodi penawar dalam aliran darah mereka, molekul penting untuk mencegah infeksi, pada tingkat yang sebanding dengan yang ditemukan pada orang yang telah sembuh dari Covid-19. Demikian seperti dilaporkan oleh tim peneliti dalam jurnal kedokteran New England Journal of Medicine.(*)

BERITA REKOMENDASI