Vaksin Covid-19 di Amerika Tersedia April Tahun Depan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan vaksin Covid-19 untuk masyarakat Amerika akan tersedia pada April 2021. Pengumuman ini di tengah Eropa yang sedang dihantam gelombang dua corona.

Sebagai negara yang paling terpukul pandemi Covid-19, Trump melihat persetujuan cepat dari vaksin juga bisa mendongkrak kampanye pemilihannya kembali. Apalagi, ia sebelumnya dikalahkan oleh lawannya, Joe Biden, yang memimpin dalam jajak pendapat jelang pemungutan suara 3 November mendatang.

“Ratusan juta dosis akan tersedia setiap bulan, dan kami berharap memiliki cukup vaksin untuk setiap orang Amerika pada April,” kata Trump.

Trump telah mengisyaratkan vaksin pertama dapat lampu hijau pada Oktober mendatang, jadwal yang dianggap terlalu optimis oleh pejabat kesehatannya sendiri yang mengatakan bahwa akhir tahun atau awal 2021 lebih masuk akal. Bahkan WHO menjelaskan sampai 2022 tidak ada vaksin Covid-19.

AS diketahui mengembangkan vaksin Covid yang melibatkan perusahaan farmasi AS Pfizer Inc. dan BioNTech SE Jerman. AS menyumbang lebih dari 198 ribu dari 947 ribu kematian dunia sejak virus corona muncul di China Desember lalu, sementara lebih dari 30,2 juta kasus positif telah tercatat.

Baru-baru ini, sejumlah negara Eropa memberlakukan pembatasan lokal baru untuk mengurangi beban kasus yang meningkat, usai dihantam gelombang dua. (*)

BERITA REKOMENDASI