Vaksin Flu Mampu Kurangi Keparahan Infeksi Corona

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan vaksinasi flu penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Vaksin flu dilakukan untuk mencegah infeksi dari virus influenza.

Meski tak bisa mencegah dari Covid-19, vaksin flu dinilai penting karena dapat mengurangi keparahan infeksi virus corona. “Jadi, benar-benar penting saat vaksin tersedia untuk flu, orang-orang menggunakan vaksin itu,” kata Kepala Teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove.

Menurut WHO, pasien Covid-19 yang parah umumnya berawal dari flu yang tidak tertangani. “Itu menjadi alasan mengapa sangat penting untuk meningkatkan tingkat vaksinasi flu tahun ini, bahkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kami membutuhkan kapasitas itu secara potensial untuk mengelola Covid-19,” jelas penasihat senior di WHO, Bruce Aylward.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga menyatakan vaksin flu penting di tengah pandemi Covid-19.”Mendapatkan vaksinasi flu tahun ini akan menyelamatkan nyawa,” kata direktur CDC Robert Redfield, pada Juni lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI