Varian Baru Covid-19 Lebih Menular

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris lebih menular. Pakar mengatakan tingkat infektivitas varian baru itu bisa mencapai 70 persen.

Varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dikenal sebagai VUI-202012/01. Varian itu ditemukan setelah peneliti melakukan whole genome sequence selama tiga minggu.

Public Health England (PHE) bekerjasama dengan para ahli pemodelan dari Imperial College London untuk membandingkan varian baru dengan varian yang lain yang beredar.

Hasilnya, mereka mengklaim menemukan bahwa VUI-202012/01 70 persen lebih menular. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah mengatakan strain baru dapat meningkatkan jumlah R (angka reproduksi) di Inggris yang saat ini 0,4 menjadi 1,1 hingga 1,2.

Bahkan Angka-angka terbaru menunjukkan bahwa strain itu bertanggung jawab atas 43 persen infeksi baru di Tenggara, naik menjadi 59 persen kasus baru di timur Inggris dan 62 persen di London.

Susan Hopkins, dari PHE mengaku belum dapat memastikan apakah VUI-202012/01 meningkatkan kematian. Dia mengatakan hal itu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

“Tidak ada bukti saat ini untuk menyarankan strain baru menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi atau mempengaruhi vaksin dan perawatan,” ujar Chris Whitty, kepala petugas medis Inggris. (*)

BERITA REKOMENDASI