Varian Omicron Mulai Masuk Eropa

Editor: Ivan Aditya

BELGIA, KRJOGJA.com -Belgia mendeteksi kasus pertama covid-19 varian Omicron asal Botswana. Degan begitu, Belgia jadi negara Eropa pertama ditemukan varian B.1.1.529 ini. Pihak berwenang menuturkan kasus covid-19 varian Botswana itu menjangkit seorang perempuan dewasa muda yang belum divaksinasi. Pasien tersebut baru tiba dari dari Mesir melalui Turki.

Setelah 11 hari kembali, ia mengalami gejala ringan seperti flu. Pasien tersebut kemudian dites dan dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (22/11/2021). Keluarga pasien disebut tidak mengalami gejala, namun sedang menunggu hasil tes.

“Ini adalah varian yang mencurigakan. Kami tidak tahu apakah itu varian yang sangat berbahaya,” ujar Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengumumkan bahwa klub malam, bar, serta restoran harus tutup pukul 11 malam. Kapasitas tempat tersebut juga dibatasi maksimal enam orang per meja selama tiga minggu ke depan.

Varian baru ini muncul ketika Belgia dan banyak negara Eropa lainnya sedang berjuang melawan lonjakan infeksi Covid-19. “Jika kita tidak memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi hari ini, kita akan berada dalam situasi yang benar-benar drastis,” kata De Croo. (*)

BERITA REKOMENDASI