Virus Corona Jenis Baru Muncul di Inggris

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Pemerintah Inggris melaporkan kembali menerapkan penguncian wilayah (lockdown) di Ibu Kota London dan sekitarnya, akibat penemuan varian baru virus corona yang memicu lonjakan tajam kasus Covid-19. Kemunculan jenis baru virus corona membuat Wali Kota London Sadiq Khan menyarankan untuk memberlakukan lockdown dengan menutup semua sekolah dan perguruan tinggi. Aktivitas belajar diminta beralih ke sistem daring karena lonjakan kasus baru.

Khan menyarankan agar pemerintah menutup semua sekolah menengah dan perguruan tinggi di London sebelum Natal. Senada, pejabat di Greenwich juga meminta pemerintah memberlakukan lockdown karena ada lonjakan kasus infeksi eksponensial tinggi selama sepekan terakhir.

Pemerintah Inggris memberlakukan batasan tingkat 3 dari sistem tiga tingkat lockdown terhadap kota London. Lockdown kali ini melarang orang untuk berkumpul di dalam ruangan publik seperti bar, kelab malam, dan restoran yang hanya menerima pesanan untuk dibawa pulang (takeaway).

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengatakan lonjakan drastis infeksi corona di London, Kent, dan Essex mencapai dua kali lipat selama sepekan terakhir. Ia menekankan jika penyebaran virus corona jenis baru bisa lebih cepat.

“Saat ini kami telah mengidentifikasi lebih dari 1.000 kasus dengan varian ini terutama di selatan Inggris, meskipun kasus telah diidentifikasi di hampir 60 wilayah otoritas lokal berbeda,” kata Hancock.

“Kami tidak tahu sejauh mana ini karena varian baru, tetapi apa pun penyebabnya, kami harus mengambil tindakan cepat dan tegas yang sayangnya mutlak penting untuk mengendalikan penyakit mematikan ini saat vaksin diluncurkan. (*)

BERITA REKOMENDASI