Virus Korona Meluas di AS, Trump Umumkan Darurat Nasional

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyatakan darurat nasional untuk membantu menangani wabah virus korona baru (COVID-19) yang terus meningkat di Negeri Paman Sam.

Diumumkannya status darurat nasional itu akan memungkinkan pemerintah federal untuk memperoleh hingga USD50 miliar (sekira Rp732 triliun) dalam dana bantuan darurat.

Langkah itu juga melonggarkan peraturan tentang penyediaan layanan kesehatan dan dapat mempercepat pengujian terhadap virus tersebut, yang telah dikritik karena dianggap lamban.

“Delapan pekan ke depan sangat penting,” kata Trump dalam pidato yang disiarkan langsung dari Gedung Putih sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (14/3/2020).

Berdasarkan laporan terbaru, ada 1.701 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di AS, dan 40 kematian terkait penyakit itu.

Beberapa negara bagian AS telah mengambil langkah-langkah untuk membendung tingkat infeksi, termasuk melarang pertemuan besar, acara olahraga dan menutup sekolah.

Virus COVID-19 mulai menyebar dari China pada Desember 2019, tetapi saat ini Eropa-lah yang menjadi pusat pandemi global. Setelah Italia menjadi titik panas (hot spot) penyebaran virus COVID-19, beberapa negara Eropa lain juga melaporkan peningkatan tajam dalam jumlah infeksi dan kematian.

Di seluruh dunia lebih dari 145.000 kasus COVID-19 telah dikonfirmasi dengan sedikitnya 5.400 korban meninggal dunia.

BERITA REKOMENDASI