Visa Berbayar Dalam Pembahasan RI – Arab Saudi

MEKAH (KRjogja.com) – Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh, akan bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Adel al-Jubeir. Mereka akan membahas penerapan visa berbayar.

"Kami sedang berkomunikasi dengan Kemenlu Saudi terkait dengan hal ini (visa berbayar) karena itu adalah otoritas mereka," kata Agus di Kantor Daerah Kerja Mekah, beberapa waktu lalu.

Menurut penuturan Agus, sebagaimana dikutip KRjogja.com dari laman kemenag.go.id, informasi mengenai penerapan visa berbayar itu belum pasti.

"Ini belum pasti, tapi saya dengar untuk umroh dan haji pertama kali gratis. Tapi, untuk kedua dan seterusnya ada penambahan charge (biaya)," ucap dia.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Abdul Djamil, mengatakan belum menentukan sikap terkait informasi ini. Abdul Djamil memilih menunggu pengumuman resmi pemerintah Arab Saudi.

"Jadi kami tunggu kapan itu (penerapan visa berbayar) dimulai. Kalau sudah dimulai kami memikirkan seperti apa usulannya. Apakah minta diperintan atau tidak perlu dikenakan biaya yang memberatkan," ucap Abdul Djamil. (*)

BERITA REKOMENDASI