Wakil Menteri Bolivia Tewas Dikeroyok Massa

Editor: Ivan Aditya

SUCRE (KRjogja.com) – Wakil Menteri Dalam Negeri Bolivia, Rodolfo Illanes tewas terbunuh setelah diculik oleh pekerja tambang yang melayangkan aksi unjuk rasa. Kematian Illanes telah dikonfirmasi oleh Menteri Pemerintahan, Carlos Romero, Kamis (25/08/2016) petang waktu setempat.

Romero mengatakan bahwa Illanes mencoba untuk berbicara dengan para pekerja tambang pada Kamis kemarin di Panduro, sekitar 160 km dari ibukota Bolivia, La Paz. Namun dalam perjalanannya ia malah diculik oleh para pengunjuk rasa yang merupakan pekerja tambang.

Aksi unjuk rasa oleh penambang di Bolivia yang menuntut perubahan hukum ini berubah menjadi anarkis setelah jalan raya diblokade. Dua pekerja tambang dilaporkan tewas tertembak oleh polisi pada Rabu. Pemerintah Bolivia mengatakan bahwa 17 polisi terluka.

Federasi Koperasi Pertambangan Nasional Bolivia yang pernah menjadi sekutu dari Presiden Evo Morales, memulai protes setelah negosiasi mengenai undang-undang pertambangan gagal. Para pengunjuk rasa menuntut konsesi pertambangan lebih banyak dengan aturan lingkungan yang tidak terlalu ketat, hak untuk bekerja untuk perusahaan swasta, dan perwakilan serikat kerja yang lebih besar. (*)

BERITA REKOMENDASI