Waktu Wukuf Dimanfaatkan untuk Mendekat pada Allah SWT

Editor: Ivan Aditya

MAKKAH, KRJOGJA.com – Jutaan umat muslim dunia mengerjakan rukun haji Wukuf Arafah, Sabtu (10/8) siang waktu Arab Saudi bertepatan 9 Dzulhijjah 1440H. Mereka khusyuk dengan amal ibadah masing-masing sambil terus bertalbiyah, salawat dan memperbanyak istighfar.

"Perbanyak talbiyah, salawat dan istighfar. Muhasabah diri dengan terus ingat pada Allah SWT," ucap Konsultan Ibadah Daker Makkah Masrur Ainun Najib sela pelaksanaan wukuf.

Berdasar pantauan KRJOGJA.com yang menjadi bagian Tim MCH 2019, 214.000 jemaah Indonesia larut dalam suasana khusyuk. Sejak pagi hari mereka asyik dengan ritual ibadah, seperti membaca Alquran, salat, berdzikir dan lainnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Menag Lukman Hakim Saifuddin yang juga Amirul Hajj menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1440H bagi umat muslim di Indonesia.

"Mudah-mudahan kita mampu memaknai Idul Adha yang hakikatnya adalah Idul Qurban. Ini adalah acara hari raya yang besar bagi umat Islam, bahkan lebih besar dari Idul Fitri. Karena sebenarnya haji itu adalah puncak dari ibadah secara keseluruhan dan semangat berkurban inilah mudah-mudahan mampu ditangkap seluruh umat Islam Indonesia dan dunia," sebutnya.

Pasalnya hakikat berkurban itu intinya mampu lebih mengedepankan orang lain daripada diri sendiri dan itulah esensi inti ajaran Islam. Bahwasanya Islam mengajarkan sebaik-baik manusia adalah yang paling mampu dan paling besar menebarkan kemaslahatan bagi sesama.

"Hal itu bisa dilakukan kalau kita punya kesadaran berkurban untuk lebih mementingkan orang lain daripada diri kita sendiri," sebut Lukman.

Sementara untuk pendorongan jemaah yang dilakukan pada malam hari sebelumnya menurut Lukman bisa jauh lebih cepat dibanding tahun sebelumnya. Selama di Arafah jemaah Indonesia menempati 73 maktab dengan alokasi sekitar 20-25 tenda dengan ukuran yang bervariasi dari 5X10, 10X15, 15X25 untuk tiap maktab.

Untuk kapasitas tenda bermacam-macam. Satu maktab mampu menampung sekitar 3.000 orang. Luas areal masing-masing maktab di Arafah kurang lebih 3.800 meter persegi. (Feb)

BERITA REKOMENDASI