Warga Korea Tuntut Presiden Park Mundur

Editor: Ivan Aditya

SEOUL (KRjogja.com) – Jutaan juta orang akan bergabung dalam aksi protes menuntut pengunduran diri Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Diperkirakan 1,5 juta orang akan mengikuti aksi di ibu kota Seoul dan 500 ribu lainnya di daerah. Aksi ini akan menjadi yang terbesar sejak warga mulai melakukan demonstrasi lima pekan lalu ketika orang dekat presiden tersangkut kasus korupsi.

Sekitar 25 ribu polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan Seoul. Warga Korsel menuding Park membiarkan temannya, Choi Soon-sil, memanipulasi kekuasaan dari balik layar. Presiden wanita pertama Korsel itu sudah menyampaikan permintaan sebanyak dua kali, tapi enggan mengundurkan diri.

Anggota Liga Petani Korea, kelompok tani terbesar di negara tersebut, rencananya akan ikut turun ke jalan pada Sabtu bersama jutaan warga lainnya di Seoul. Para petani awalnya berniat datang ke ibu kota dengan membawa 1.000 traktor dan peralatan lainnya ke sekitar gedung pemerintahan, tapi pengadilan melarang mereka.

Selain tuduhan korupsi, banyak warga Korsel yang tidak puas dengan kepemimpinan Park karena permasalahan ekonomi. Petani, misalnya, menumpuk karung beras di jalanan untuk memprotes rendahnya harga beras. (*)

BERITA REKOMENDASI