Warga Malaysia Siap Kembali Turun ke Jalan

Editor: Ivan Aditya

KUALA LUMPUR (KRjogja.com) – Perdana Menteri Malaysia Najib Razak berkukuh tidak melakukan korupsi dana 1MDB sebagaimana yang dituduhkan kelompok oposisi setelah laporan investigasi Wall Street Journal dan hasil penyelidikan FBI mengungkap aliran dana korupsi di perusahaan investasi milik negara tersebut. Bukti-bukti keterlibatan Najib dalam skandal 1MDB (badan investasi milik pemerintah) yang sudah jelas namun masih dibantahnya membuat warga Malaysia tak bisa lagi diam.

Kelompok pro demokrasi Bersih yang didukung Anwar Ibrahim, Mahatir Mohamad dan sejumlah tokoh anti korupsi lainnya akan menggelar demonstrasi yang dihadiri jutaan warga seperti yang pernah dilakukan setahun sebelumnya. Otoritas Bersih telah menyampaikan rencana demonstrasi akbar tersebut pada jumpa pers Rabu tetapi kapan demo itu akan digelar, masih belum diinformasikan.

Otoritas Bersih mengatakan, demonstrasi dilakukan untuk mendesak pemerintah menjelaskan raibnya miliaran dolar AS dana 1MDB yang dalam laporan FBI dan investigasi Wall Street Journal, sebagian dana tersebut masuk ke kantong sang perdana menteri dan sisanya ke sejumlah kolega dan keluarga Najib.

Perusahaan 1MDB didirikan Najib pada 2009 dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Malaysia. Namun kenyataanya, perusahaan tersebut kini bangkrut setelah uang negara yang ditanam di BUMN itu raib tanpa penjelasan. (*)

BERITA REKOMENDASI