Warga Polandia Ingin Aborsi Dilegalkan

Editor: Ivan Aditya

POLANDIA, KRJOGJA.com – Masyarakat Polandia menentang putusan pengadilan yang melarang aborsi dengan berbagai alasan. Ribuan warga melakukan unjuk rasa di seluruh kawasan di Polandia, khususnya di Warsawa.

Masyarakat mempertaruhkan diri terhadap penularan virus corona demi menyuarakan kemarahan mereka terhadap putusan pengadilan yang melarang hampir semua aborsi. Mereka meneriakkan slogan anti pemerintah.

Pihak pemerintah kota memperkirakan sekitar 50 ribu orang ikut dalam protes di Warsawa. Sementara, kepolisian mengaku sudah menangkap beberapa pihak yang ikut dalam aksi tersebut.

Kelompok hak perempuan yang mengorganisir protes itu terancam terkena tuntutan karena pertemuan lebih dari lima orang saat ini dilarang demi meminimalisir penularan virus corona.

Protes massal ini dimulai pekan lalu ketika Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa undang-undang (uu) yang mengizinkan aborsi janin tidak sesuai dengan konstitusi.

Diketahui, Polandia merupakan sebuah negara Katolik Tradisional yang taat dengan 38 juta penduduk sudah memiliki salah satu undang-undang aborsi yang paling ketat di Eropa. Setidaknya, ada kurang dari 2 ribu aborsi legal setiap tahun di Polandia. Kelompok perempuan memperkirakan sekitar 200 ribu perempuan melakukan aborsi.

Saat ini, MK telah melarang semua aborsi kecuali kasus pemerkosaan dan inses, atau ketika nyawa ibu dalam bahaya. (*)

BERITA REKOMENDASI