Warga Saudi Boikot Produk Turki

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Warga Arab Saudi menyerukan pemboikotan produk Turki sebagai protes atas posisi Ankara dalam menangani kasus pembunuhan Jamal Khashoggi yang dianggap menekan Riyadh. Sejumlah aktivis Saudi meluncurkan kampanye di media sosial berisikan penentangan terhadap kebijakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam menangani kasus Khashoggi.

Menggunakan tanda pagar #Saudi-menolak-produk-Turki dalam bahasa Inggris di media sosial, para aktivis gerakan tersebut mengajak warga Saudi berhenti menggunakan produk impor dari Turki. Para aktivis itu meminta warga mulai menggunakan produk lokal atau produk lain yang berasal dari negara "yang lebih bersahabat."

Mereka mengatakan kampanye ini bertujuan untuk "menghukum Presiden Turki" yang dianggap menerapkan kebijakan negatif terhadap Saudi. "Produk Turki harus diboikot," ucap salah seorang netizen.

Sementara itu, tak sedikit warganet Saudi lainya yang mengunggah gambar merek produk-produk Turki dan menggunakan tagar tersebut. Salah satu pengguna Twitter asal Saudi bahkan menganggap bahwa menggunakan produk Turki sama dengan mendukung terorisme. (*)

BERITA REKOMENDASI