Warga Turki Dukung Erdogan

Editor: Ivan Aditya

TURKI (KRjogja.com) – Lebih dari satu juta warga Turki dengan kostum warna merah berkumpul di Istanbul kemarin untuk mengenang kudeta gagal yang menewaskan ratusan orang. Massa anti-kudeta ini menyuarakan kebangaannya pada Presiden Turki Tayyip Erdogan yang mereka anggap hadiah dari Tuhan.

Dalam aksianya, massa mengusung poster raksasa ‘Bapak Turki Modern’ Kemal Ataturk yang disandingkan dengan spanduk bergambar Presiden Erdogan. Berbagai tulisan pujian ditujukan pada Erdogan yang berhasil menggerakkan rakyat Turki melawan kudeta militer pada 15 Juli 2016 lalu.

”Anda adalah hadiah dari Tuhan, Erdogan,” bunyi spanduk yang diusung massa.”Mintalah kami mati dan kami akan melakukannya,” bunyi spanduk yang lain.

Erdogan turut hadir dalam pawai akbar anti-kudeta di Istanbul. Dia ikut mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang ratusan warga sipil yang tewas saat melawan kudeta militer. Warga sipil yang tewas dalam kudeta dinyatakan sebagai ‘martir’.

”Malam itu, musuh kita yang menggosok tangan mereka untuk mengantisipasi kejatuhan Turki, bangun keesokan harinya dengan kesedihan bahwa hal-hal akan lebih sulit dari sekarang,” kata Erdogan usai mengheningkan cipta. (*)

BERITA REKOMENDASI