WHO Bela China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membela China yang mendapat respons kekecewaan Amerika Serikat dalam menangani wabah virus corona.

Kepala Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Michael Ryan mengatakan untuk menangani penyebaran corona, China sejauh ini telah melakukan berbagai upaya kolaborasi dengan komunitas internasional.

“Dari sudut pandang kami [WHO], kami melihat pemerintah sudah bekerja sama dengan kami. Saya tidak melihat komentar Kudlow (Kepala Dewan Ekonomi AS, Larry Kudlow) bahwa China sulit mengatasi masalah ini,” kata Ryan.

Ryan mengatakan tidak mau mengeluarkan tuduhan apapun, termasuk soal penilaian AS yang menyebut China terkesan menutup-nutupi perkembangan kasus virus corona. “Bukan saatnya untuk mengeluarkan tuduhan. Saat ini semua orang harus fokus menangani dan menghentikan penyebaran virus corona. Kami akan menunggu penyelidikan forensik terkait apa pun sampai kami berhasil menangani virus ini, kami berharap,” tambahnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang mengatakan pihaknya telah terbuka dan transparan kepada dunia dalam menyampaikan informasi perkembangan wabah virus corona. Ia juga mengatakan kerap memperbarui informasi mengenai epidemi dengan AS. (*)

BERITA TERKAIT