WHO Kirim Tim ke China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana mengirim tim ke China untuk mengidentifikasi sumber kemunculan Virus Corona yang kini telah menginfeksi lebih dari 11 juta orang di seluruh dunia.

“Kami akan mengirim tim minggu depan ke China untuk mempersiapkan (penyelidikan) itu dan kami berharap ini akan mengarah pada pemahaman bagaimana awal virus ini muncul dan apa yang dapat kami lakukan untuk persiapan di masa depan,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Seorang sumber dari Komite Kesehatan Nasional Cina menuturkan pihaknya dan WHO memang telah lama mendiskusikan rencana penyelidikan ini meski tak menjelaskan lebih detail lagi. Selama ini, China kerap dituduh tidak transparan lantaran tak secara detail dan terbuka menjelaskan asal mula muncul kasus virus corona.

Pemerintahan Presiden Xi Jinping selama ini juga menganggap virus tersebut muncul dari sebuah pasar tradisional di Wuhan yang menjual binatang liar untuk dikonsumsi tanpa penyelidikan lebih lanjut. WHO sebelumnya juga telah mengungkap bahwa pemerintah China bukan yang pertama melaporkan awal kemunculan kasus corona, tetapi lembaga itu sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI