WHO Minta Vaksin Corona Harus Segera Tersedia

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan vaksin virus corona harus tersedia sebagai barang publik lokal.

Ia menekankan semua orang harus mendapatkan akses yang sama untuk vaksin yang sedang dikembangkan para ahli tersebut. “Kami telah berdiskusi dengan para pemegang kepentingan. Hal tersebut bisa terlaksana apabila vaksin yang nantinya berhasil ditemukan menjadi barang publik,” kata Tedros.

Ia turut menegaskan menjadikan vaksin virus corona barang publik memerlukan komitmen politik. Saat ini, Tedros merasa sedikit lega karena banyak kepala negara yang sudah menyuarakan kesiapan menjadikan vaksin virus corona barang publik.

“Lebih banyak lagi pemimpin dunia yang bergabung dan kami benar-benar membutuhkan komitmen politik sebelum produk tersebut ditemukan.” tutur Tedros dalam konferensi pers Jumat (12/6) di laman resmi WHO.

Hal tersebut disampaikan karena khawatir beberapa negara seperti Amerika Serikat yang bisa menimbun vaksin atau obat apapun untuk memerangi Covid-19. Sementara itu, negara-negara kecil dan miskin sama sekali tak mendapatkan akses perawatan yang memadai. (*)

BERITA REKOMENDASI