WHO Sebut Korut Nihil Covid-19

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sampai saat ini tetap tidak menerima satupun laporan kasus infeksi virus corona (Covid-19) di Korea Utara.

Seperti dilansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency, WHO menyatakan sampai saat ini Korut juga tidak melaporkan terjadinya penyebaran wabah. WHO menyatakan Korut sampai saat ini telah melakukan pemeriksaan terhadap 9.373 penduduknya, dan melaporkan tidak ada satupun kasus infeksi Covid-19.

Dari hasil tes itu, lanjut WHO, Korut menyatakan para setengah dari orang-orang yang menjalani pemeriksaan diketahui mengalami gejala sakit mirip influenza dan infeksi akut saluran pernapasan (ISPA). Beberapa di antaranya dilaporkan memang mengalami demam di masa pemberlakuan karantina.

WHO menyatakan Korut juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap para tenaga medis yang bertugas di lokasi karantina, dan petugas yang mengambil sampel dan menganalisis spesimen.

Dari catatan WHO disebutkan sampai saat ini ada 33.044 warga Korut yang sudah dipulangkan dari pusat karantina. Korut sampai saat ini bersikap keras untuk mencegah pandemi Covid-19, dengan menutup dan memperketat seluruh perbatasan mereka dengan negara tetangga.

Sebab menurut para ahli, jika Covid-19 sampai merebak, maka pemerintah Korut bakal kewalahan karena sistem jaminan kesehatan mereka yang rapuh. Pada Rabu lalu, petinggi Partai Buruh Korut yang juga adik Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un, Kim Yo-jong, murka terhadap pernyataan Menteri Luar Negeri Korsel, Kang Kyung-wha. (*)

BERITA REKOMENDASI