WHO Sebut Virus Korona Belum Capai Tingkat Pandemi

JENEWA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mencapai tingkat pandemi meski virus tersebut telah menyebar ke puluhan negara di luar China.

Melanisr BBC, pandemi adalah infeksi penyakit yang mengancam banyak orang di dunia secara simultan. Contohnya, pandemi flu babi (swine flu) pada 2009 yang diperkirakan menewaskan ratusan ribu orang di dunia.

Pejabat-pejabat kesehatan China mengatakan jumlah kasus baru dan kematian terkait virus baru corona hari Rabu (5/2) meningkat di daratan China dan negara-negara lain, menunjukkan bahwa virus itu masih menular.

“Di luar China, kini terdapat 23 negara yang melaporkan kasus sporadis ini. Tujuannya adalah menghentikan penularan dan itulah sebabnya negara-negara kini menerapkan deteksi dini, isolasi dini dan perawatan pasien,” Kepala Urusan Kesiapan Risiko Penularan Dunia di WHO Sylvie Briand mengutip VOA, Kamis (6/2/2020).

Komisi Kesehatan China pada Rabu 5 Februari 2020, mengatakan ada 73 kematian baru terkait virus China di negara itu. Sehinggal jumlah korban tewas akibat virus korona di China sudah mencapai 563 jiwa.

Sebelumnya, Filipina dan Hong Kong juga telah melaporkan kematian akibat virus korona. Total kematian akibat virus korona di seleuruh dunia hingga saat ini mencapai 565 jiwa.

Sedangkan orang yang terinfeksi virus korona mencapai 28 ribu jiwa di seleuruh dunia.

BERITA REKOMENDASI