WHO Tegaskan AstraZeneca Aman

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) buka suara setelah adanya laporan kasus penggumpalan darah usai disuntik vaksin corona AstraZeneca di sejumlah negara Eropa. Beberapa negara Eropa, Denmark, Austria, dan Islandia memutuskan menghentikan pemberian vaksin tersebut.

WHO menegaskan tidak ada alasan untuk berhenti menggunakan vaksin Covid-19 AstraZeneca. Menurut WHO, saat ini komite penasihat vaksin sedang memeriksa data keamanan yang masuk. Organisasi itu menekankan bahwa tidak ada hubungan sebab akibat antara vaksin dan pembekuan darah.

“AstraZeneca adalah vaksin yang sangat baik, seperti juga vaksin lain yang sedang digunakan,” kata jurubicara WHO Margaret Harris.

Badan kesehatan PBB itu juga mengatakan bahwa dari 260 juta dosis vaksin corona yang telah diberikan di seluruh dunia, belum ada kematian yang terkait dengan suntikan Covid-19.

Selain WHO, sejumlah otoritas kesehatan di seluruh dunia bersikeras bahwa vaksin itu aman, termasuk European Medicines Agency (EMA). (*)

BERITA REKOMENDASI