Wikileaks Bocorkan 19 Ribu Email Partai Demokrat AS

Editor: KRjogja/Gus

WASHINGTON (KRjogja.com) – Lebih dari 19 ribu surat elektronik (surel) milik Komite Nasional Partai Demokrat AS (DNC) telah dibocorkan ke publik oleh Wikileaks. Banyak dari surel tersebut yang memperlihatkan pejabat di DNC membenci kampanye dari Bernie Sanders.

 

Sebagaimana dikutip dari Russia Today, Sabtu (23/7/2016) surel yang dirilis pada Jumat 22 Juni 2016 tersebut mencakup surel milik DNC dari Januari 2015 hingga Mei 2016.

Wikileaks memaparkan surel-surel tersebut berasal dari tujuh akun pejabat di DNC, yaitu: Penasihat Senior Andrew Wright, Direktur Pendanaan Nasional Jordan Kaplan, Kepala Staf Keuangan Scott Comer, Direktur Komunikasi Luis Miranda, Direktur Pendanaan California Utara Robert Stowe, Direktur Data Keuangan dan Inisiatif Strategis Daniel Parrish serta Direktur Keuangan Allen Zachary.

Dilaporkan, banyak dari surel itu yang menyoroti Bernie Sanders dan cara menghadapi para pendukung Partai Demokrat yang menggempur Hillary Clinton. Selain itu, banyak dari surel tersebut yang berisi teks dari artikel berita terkait bagaimana Demokrat menghadapi pemberontak dari sayap kiri.

Namun yang paling disoroti adalah terdapat surel yang memperlihatkan DNC mengindikasikan ‘memodifikasi’ berita di salah satu media yang dekat dengan Partai Demokrat AS.

“Headline ini harus diubah,” ujar Debbie Wasserman Schultz yang menjabat sebagai pejabat DNC kepada pejabat DNC lainnya, terkait artikel berita yang memperlihatkan para pendukung Sanders menyebabkan perpecahan di Konvensi Partai Demokrat Nevada.  (*)

 

BERITA REKOMENDASI