WNI di Qatar Dipastikan dalam Kondisi Aman

JAKARTA,KRJOGJA.com – Terkait situasi terbaru mengenai 40.000 hingga 43.000 Warga Negara Indonesia yang ada di Qatar, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyatakan bahwa seluruhnya berada dalam kondisi yang normal dan aman. Hal itu disampaikan oleh pihak Kemlu pada Jumat 9 Juni 2017.

Sebelumnya sempat mencuat sejumlah isu mengenai kekurangan ketersediaan bahan makanan di Doha dan beberapa kota lain di Qatar, setelah negara yang dipimpin oleh Emir Tamim bin Hamad al-Thani itu 'dikucilkan' oleh Arab Saudi dan 8 negara lain. Namun, menurut Kemlu RI, hingga saat ini, masyarakat di sana dan khususnya para WNI, masih dapat memperoleh bahan makanan yang cukup.

"Ibu Menteri mendapat laporan bahwa situasi di Doha secara umum, pada saat ini, masih normal, stok makanan tersedia di supermarket. Terkait WNI, Menlu menyampaikan kepada Dubes RI, agar mereka yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi KBRI, ada hotline 24 jam. Kita juga membuat satuan tugas untuk meningkatkan perlindungan WNI di sana," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Kemlu juga menjelaskan bahwa para WNI yang ingin melakukan mobilitas keluar-masuk Qatar, hingga saat ini, belum menemui masalah. Haya saja, mobilitas memang mengalami hambatan setelah sejumlah transportasi komersial Qatar dilarang melintasi wilayah berdaulat negara yang mengucilkannya, seperti Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan lain sebagainya.(*)

BERITA REKOMENDASI