WNI Hadiri Salat id di KBRI Riyadh

RIYADH (KRjogja.com) – Ribuan WNI di Riyadh pada perayaan Idul Fitri 1437 H yang jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016 bersyukur masih dapat menikmati suasana lebaran ala Indonesia. Hal itu dikarenakan KBRI Riyadh pada tahun ini kembali menggelar pelaksanaan sholat Iedul Fitri bersama sekaligus menyelenggarakan acara open house dan Halal bi Halal.

Sejak pukul 05.00 pagi waktu setempat, ratusan WNI berduyun-duyun mendatangi KBRI Riyadh agar tidak ketinggalan dalam mengikuti sholat Ied.  Hendra, salah seorang WNI yang tinggal di daerah Ummul Humam berkata, “Saya sengaja datang dan ikut sholat Iedul Fitri di sini, agar dapat suasana lebaran seperti di Indonesia. Di masjid-masjid Arab Saudi, khutbahnya menggunakan bahasa Arab yang tidak saya pahami, sementara di sini dengan bahasa Indonesia.”

Shalat Id di KBRI Riyadh dilaksanakan di lapangan belakang KBRI yang dimulai sejak pukul 05.00 waktu setempat. Setelah diisi alunan dan gema takbir, sholat Ied pun dimulai tepat pada pukul 05.30. Bertindak sebagai Imam, Ustadz Ahmad Khudori yang juga merupakan staf KBRI Riyadh. Sementara khatibnya adalah Duta Besar RI Riyadh, Agus Maftuh Abegebriel yang terkenal serba bisa dan sangat merakyat. 

Dalam khutbahnya, Dubes RI Riyadh antara lain mengawali dengan merujuk pernyataan Raja Salman bin Abdul Aziz terkait peristiwa teror bom terbaru di kota suci Madinah dan tantangan terberat yang dihadapi Ummat Islam saat ini, yaitu bagaimana menjaga para pemuda dari bahaya yang mengintai mereka terutama dari sikap berlebihan (ghuluw), radikalisme dan tindakan terorisme. 

Dubes RI mengutip pernyataan tegas Raja Salman yang mengatakan bahwa, “dirinya akan menindak secara tegas dengan ‘tangan besi’ setiap orang yang menargetkan untuk mencuci otak dan pemikiran serta pandangan anak-anak muda Arab Saudi.” 

Acara selanjutnya, diikuti dengan acara ramah tamah sambil menikmati hidangan menu khas lebaran di Indonesia bertempat di Wisma Duta Besar RI dan halaman parkir KBRI.  Melanjutkan kemeriahan perayaan Iedul Fitri 1437 H, KBRI Riyadh kemudian menggelar acara open house yang dimulai sejak pukul 07.00 bagi masyarakat Indonesia yang tidak melaksanakan shalat Iedul Fitri bersama. (*)

BERITA REKOMENDASI