Wuih.., Iran Pamer Rudal yang Mampu Tempuh Jarak 2.000 Km

LONDON, KRJOGJA.com – Korea Utara punya rudal antarbenua yang membuat negara tetangga seperti Jepang, bahkan Amerika Serikat (AS) ketar-ketir. Siapa sangka, Iran juga mempersiapkan senjata sejenis.

Kantor berita Iran, Tasnim, seperti dikutip Reuters, Jumat (22/9/2017), melaporkan, negeri yang dipimpin Hassan Rouhani itu merilis misil balistik terbaru dengan jangkauan 2.000 km. Rudal ini diklaim mampu membawa beberapa hulu ledak. 

Demikian disampaikan Komandan Angkatan Udara IRGC, Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, yang berbicara di sela-sela parade militer di Teheran.

Pemerintah Iran sendiri memang berniat terus mengembangkan program rudalnya. Tidak hanya mengklaim telah membangun pabrik rudal balistik bawah tanah ketiga, Agustus lalu, Parlemen Iran juga menambah pendanaan untuk program rudalnya. Tercatat, Pemerintah Iran mengalokasikan dana sekira Rp6,9 triliun dalam pengembangan program rudal serta meningkatkan operasi pasukan paramiliter di luar negeri.

Peningkatan kekuatan militer Iran ini juga ditegaskan Presiden Iran, Hassan Rouhani.

"Kita (Iran) akan meningkatkan kekuatan militer. Kita akan meningkatkan kapabilitas misil. Dan kita tidak akan meminta izin dari siapa pun untuk mempertahankan negara kita," ujar Rouhani dalam pidatonya yang disiarkan oleh stasiun televisi nasional Iran. (*)

BERITA REKOMENDASI