Xi Jinping Berharap Trump Terbebas Covid

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Presiden China Xi Jinping menyampaikan simpati kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania yang terinfeksi virus corona. Xi berharap Trump dan istrinya segera pulih.

“Dalam pesannya, Xi dan istri Peng Liyuan menyampaikan simpati kepada Trump dan Ibu Negara Melania, berharap mereka cepat sembuh,” kata Kementerian Luar Negeri China.

Hubungan China dan Amerika Serikat jatuh ke titik terendah setelah bersilang pendapat perihal asal mula wabah Covid-19. Trump kerap menuding China menyembunyikan skala penyebaran wabah corona. Ia menyatakan virus SARS-CoV-2 itu bocor dari laboratorium di Wuhan, China.

Trump bahkan menyebut telah mengirim mata-mata ke China untuk membuktikan dugaan tersebut. China menimpali dan menegaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan penyelidikan dan menyatakan tidak ada bukti nyata yang mengindikasikan bahwa Covid-19 dibuat di laboratorium China.

Tak hanya itu, AS dan China bersitegang terkait urusan perdagangan, dominasi teknologi, keamanan dan hak asasi manusia. (*)

BERITA REKOMENDASI