Xi Jinping Perintahkan Militer China Angkat Senjata

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Presiden China Xi Jinping meminta marinir untuk meningkatkan kesiapan tempur dan tetap waspada. Hal itu diungkapkan Xi saat mengunjungi pangkalan militer di Guangdong pada Selasa (13/10).
Xi mengatakan kepada marinir bahwa mereka harus menjadi kekuatan tempur multifungsi, respons cepat, di segala cuaca dan wilayah.

“Fokuskan pikiran dan energi untuk bersiap perang, dan tetap waspada. Marinir memiliki banyak misi dan tuntutan. “Karena itu kalian harus meningkatkan standar pelatihan dan kemampuan tempur,” ujarnya.

Xi yang juga ketua Komisi Militer Pusat, mengatakan kepada marinir bahwa mereka memikul tanggung jawab penting untuk melindungi wilayah dan kedaulatan China. Termasuk kepentingan maritim China di dalam dan di luar negeri. Narasi tersebut diduga terkait klaim Beijing ke Taiwan dan Laut China Selatan.

Kunjungan Xi itu dilakukan ketika ketegangan di Selat Taiwan terus meningkat. China selama ini menganggap Taiwan sebagai bagian wilayahnya dan berjanji bakal merebut, meski dengan kekerasan.

China semakin naik pitam ketika Amerika Serikat melakukan pendekatan ke Taiwan. Kepemimpinan Komunis China menolak setiap pengakuan atas Taiwan. (*)

BERITA REKOMENDASI