Zhurong Sukses Mendarat di Mars

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Zhurong, kapal penjelajah milik China, berhasil mendarat di Mars pada Sabtu (15/05/2021) pagi, kata media pemerintah, kemenangan untuk ambisi luar angkasa Beijing dan prestasi bersejarah bagi sebuah negara dalam misi Mars pertamanya.

Zhurong menyelesaikan pendaratan berbahaya melalui atmosfer Mars menggunakan parasut untuk menavigasi tujuh menit teror, membidik dataran lava utara yang luas yang dikenal sebagai Utopia Planitia.

Misi tersebut berhasil mendarat di daerah yang telah dipilih sebelumnya, kata penyiar CCTV, sementara kantor berita resmi Xinhua mengutip Badan Antariksa Nasional China (CNSA) dalam mengonfirmasi pendaratan tersebut.

Momen ini menjadikan China negara pertama yang melakukan operasi pengorbit, pendaratan, dan penjelajahan selama misi pertamanya ke Mars suatu prestasi yang tak tertandingi oleh dua negara lain yang sebelumnya telah mencapai Planet Merah yakni AS dan Rusia.

Zhurong diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar tiga bulan di sana. Peluncuran pesawat luar angkasa Tianwen-1 Mars milik China yang membawa penjelajah Juli lalu menandai tonggak penting dalam program luar angkasa China. (*)

BERITA REKOMENDASI