'category Jurnalisme'

Inovasi Buku Dongeng Audio untuk Siswa Difabel Netra

ADA hal yang tidak biasa di SLB Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis) Yogyakarta pada Sabtu 23 Juni 2016 yang lalu. Para siswa dan guru terlihat berkumpul di aula sekolah untuk merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh tepat pada tanggal 23 Juli.

Acara ini diisi dengan berbagai penampilan dari siswa-siswi SLB Yaketunis dan dilanjutkan dengan launching audiobook oleh Literacy Outreach Initiative (LOVE) Project ID. LOVE Project ID merupakan gerakan sosial peduli literasi bagi difabel netra, anak-anak, dan pemuda.

Program utamanya berupa penggalangan volunteer penulis dan perekam dongeng-dongeng inspiratif yang selanjutnya dikemas dalam bentuk audiobook. Sejak akhir Juni lalu, sudah terdapat 100 volunteer yang siap merekam cerita-cerita mereka.

Audiobook ini nantinya akan disumbangkan ke sekolah-sekolah dan perpustakaan di Yogyakarta, beberapa di antaranya adalah SLB Yaketunis dan Perpustakaan Grhatama. Selain itu, LOVE Project ID juga berusaha menjalin kerja sama dengan berbagai penerbit untuk dapat memproduksi lebih banyak audiobook.

“Di waktu yang akan datang kami berencana memperluas distribusi ke sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia. Kami juga berharap dapat menambah variasi audiobook, tidak hanya sebatas kumpulan dongeng, tetapi juga tentang ilmu pengetahuan dan sains,” ungkap Nur Isnaini Masyithoh, penggagas LOVE Project ID. 

Inovasi ini diharapkan dapat memperluas akses buku khususnya bagi anak-anak difabel netra serta meningkatkan literasi di kalangan pemuda Indonesia. (Puri Rahmawati, anggota LOVE Project ID)

BERITA REKOMENDASI