'category Jurnalisme'

Peringati Kemerdekaan, Dusun Gelangan Pentaskan Ketoprak Lesung

SETIAP desa mempunyai caranya sendiri dalam menyambut dan memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI. Di dusun Gelangan, Patalan, Jetis, Bantul, Pementasan Ketoprak Lesung jadi pilihan di malam tirakatan, Selasa (16/08/2016).

Ketoprak Lesung merupakan ketoprak yang diiringi oleh musik dari tumbukan kayu lesung. Ketoprak Lesung dimainkan oleh pemuda-pemudi Dusun Gelangan dan musik lesung dimainkan oleh ibu-ibu dusun Gelangan.
Pementasan Ketoprak Lesung ini merupakan suatu kesenian yang hanya diadakan di desa ini. Ketoprak Lesung kali ini mengangkat tema perjuangan.

Kisah yang diangkat adalah tentang perjuangan warga pribumi mengusir penjajahan Belanda dengan ditambahkan intrik percintaan di dalamnya. Ketoprak Lesung ini walaupun bercerita tentang perjuangan, tetapi tetap berisi banyak banyolan-banyolan khas ketoprak.

Dusun Gelangan sudah 4 kali mengadakan pementasan Ketoprak Lesung, pada saat memperingati acara-tertentu. Juga beberapa kali melakukan pementasan di luar dusun ini untuk memperkenalkan Ketoprak Lesung itu sendiri.

"Harapannya dengan mengadakan pementasan ini, perhatian pemerintah terhadap Ketoprak Lesung bertambah. Juga bisa mendapat apresiasi dari pemerintah juga masyarakat", ujar Kepala Padukuhan Gelangan, Budi Samudra (47).

(Andita Pratiwi, mahasiswi jurusan Teknik Perminyakan UPN Veteran yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata)

 

BERITA REKOMENDASI