32 Tersangka Pelaku Curat Berhasil Diamankan Polda DIY

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jajaran Polda DIY berhasil mengungkap 32 tersangka atas kasus pencurian dan pemberatan (curat) dalam operasi Progo 2019 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Operasi dilaksanakan selama dua pekan. 

"Hasil pelaksanaan operasi curat progo 2019 dilaksanakan 22 Juli sampai tanggal 4 Agustsus 2019. Untuk target operasi (TO) ada 19 kasus yang diungkap dari lima Polres jajaran Polda DIY," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto saat jumpa pers di Mapolda DIY, Rabu (07/08/2019).

Sementara itu, menurut Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo, operasi curat ini tentu dalam rangka menekan sekecil mungkin peristiwa tindak pidana khususnya pencurian dan pemberatan. Juga mengungkap sebanyak mungkin tindak pidana di wilayah hukum Polda DIY.

"Kami menetapkan TO sebanyak 19 namun yang terungkap 18. Ada satu yang belum terungkap. Masih dalam penanganan," ucapnya.

Selain target yang sudah ditentukan, di dalam pelaksanaanya sering kali juga mengungkap perkara non target (NTO). Angkanya mencapai 9 kasus yang berhasil diungkap. 

Dari TO dan non TO ada 27 tersangka sebagai pelaku kasus tindak pidana pencurian dan pemberatan. 19 diantaranya tersangka TO dan 13 tersangka NTO.

Menurutnya, target operasi yang disasar oleh para tersangka adalah rumah kosong. Utomo menyebut para tersangka melancarkan aksinya pada malam hari.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat ketika meninggalkan rumah entah sibuk kerja atau keluar, minimal ada tetangga yang bisa dititipkan untuk menjaga rumah. Karena orang-orang seperti mereka yang menyasar," ungkapnya. 

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan ada sepedah motor, 34 ponsel, 3 laptop, total uang tunai yang berhasil diraup mereka sebesar Rp. 3.120.000, dan beberapa barang lain termasuk alat yang digunakan untuk kejahatan.

Seluruh pelaku saat ini ditahan di masing-masing Mapolsek. (Ive) 

BERITA REKOMENDASI