4 Tersangka Jalani Rekonstruksi Ritual Usir Genderuwo

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Empat tersangka pelaku pembunuhan terhadap anak dibawah umur, Mar (42), Suw (38), Har (56) dan Bud (43) warga Dusun Paponan Desa Bejen Kecamatan Bejen Temanggung menjalani rekonstruksi ritual usir genderuwo, Rabu (16/6/2021).

Rekonstruksi dialihkan dari tempat kejadian perkara (TKP) di rumah korban Ais (7) ke mapolres lama Polres Temanggung. Pemindahan ini untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan seperti penyerangan pada tersangka oleh warga, terutama dukun supranaturalis Har (56) dan asistennya Bud (43).

Rekonstruksi disaksikan jaksa penuntun umum dari Kejaksaan Negeri setempat, dan penasehat hukum tersangka Catur Sulistyo SH. Keseluruhan para tersangka menjalani tidak kurang dari 35 adegan, karena ada penambahan keterangan dari tersangka saat di rekonstruksi.

Adegan ritual pengusiran genderuwo antara lain di kamar mandi yang merupakan inti ritual. Korban Ais dibopong oleh tersangka Bud ke kamar mandi yang kemudian dibenamkan di bak yang berisi air. Bud melakukan sendiri, sedangkan ayah korban, Mar dan ibu korban, Suw berada di luar kamar mandi menyaksikan proses ritual itu.

BERITA REKOMENDASI