90 Persen Motor Hilang di Parkiran

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Jajaran kepolisian Polda DIY menerima 99 laporan kehilangan kendaraan bermotor di tahun 2017 hingga bulan Oktober. Dari 99 laporan tersebut, 90 persen diantaranya hilang di parkiran motor yang notabene dijaga oleh petugas parkir.

Hal tersebut menjadi keprihatinan sekaligus perhatian pihak kepolisian. Pasalnya, seharusnya lokasi parkir menjadi tempat yang aman bagi masyarakat untuk menitipkan kendaraan bermotornya saat beraktivitas.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Polisi Hadi Utomo dalam release di Mapolda DIY Jumat (27/10/2017) mengungkap para pencuri spesialis kendaraan bermotor saat ini tak lagi takut mengincar tempat-tempat yang dijaga petugas parkir. Mereka mengincar motor dengan kunci yang tertinggal ataupun yanh dirasa mudah untuk dirusak menggunakan kunci T.

“Laporan yang kami dapat memang 90 persen atau 90 laporan dari total 99 terjadi di parkiran yang dijaga petugas parkir. Ini sangat memprihatinkan karena ada indikasi petugas parkir membantu aksi kejahatan para pencuri ini,” ungkapnya.

Polisi memang tak menyebutkan lokasi-lokasi parkir mana saja yang sering terjadi kehilangan, namun kepolisian bakal melakukan pendataan pada para petugas parkir di wilayah DIY untuk nantinya dilakukan pembinaan. “Masyarakat menaruh motor di tempat parkir agar aman, jadi memang pengelola parkir harus bisa bertanggungjawab, kita harus lakukan pembinaan dan pelatihan, mungkin nanti Binmas yang bisa,” sambungnya lagi.

Di sisi lain guna menekan tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor, kepolisian terus menggalakkan operasi yang melibatkan personil lintas Polres di wilayah hukum Polda DIY. Polisi juga tetap meminta masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga barang pribadi kendaraan bermotor di manapun berada. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI