Alasan Beli Susu Cucu, Senen Nekat Congkel Ornamen Pendopo Ageng

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Curi ornamen tembaga yang terpasang di Pendopo Ageng Pemkab Boyolali, Senen (57), warga Karanggeneng, Boyolali Kota, terpaksa berlebaran di penjara. Ia ketahuan petugas Satpol PP saat mencongkel ornamen pendopo di siang bolong Minggu (4/6) lalu. 

‎Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, Kamis (15/6) menerangkan, sebelum  ketahuan warga yang lalu melaporkan upaya pencurian tersebut ke petugas Satpol PP, ia sudah berhasil mencongkel dua buah lempeng ornamen tembaga dengan alat pemahat. 

Agaknya, Senen sudah merencanakan aksi tersebut secara rapi. Sebab meski mengaku hanya kebetulan saja melihat ornamen dan mencurinya, namun ia sudah mempersiapkan alat pahat untuk mencongkel sasarannya. 
"Yang menangkap petugas Satpol PP lalu diserahkan ke kepolisian untuk ditindak lanjuti," terang Kapolres. 

Berdasar pengakuannya, ‎tembaga tersebut akan ia jual ke pengepul sampah yang sering berkeliling di kampungnya. Saat ini, ornamen tembaga, alat untuk mencuri, serta tersangka sudah diamankan di Mapolres Boyolali. "Nilai tembaga yang sudah berhasil dicongkel tersebut sekitar Rp 5 juta rupiah‎. Tersangka akan dijerat Pasal 362 KUHP," tambahnya. 

Sementara itu, Senen mengaku nekad mencuri karena butuh uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama untuk membelikan susu untuk cucunya. 

"Kepepet kebutuhan, terpaksa mencuri," akunya. (R-11)

 

 

BERITA REKOMENDASI