Ambil Sabu 0,66 Gram, DPO Narkoba Akhirnya Tertangkap

SLEMAN, KRJOGJA.com – Brigadir Dihandono Timur, disersi polisi yang terakhir bertugas di Polres Kulonprogo kini terpaksa meringkuk di sel Direktorat Reserse Narkoba Polda DIY yang dahulu sempat menjadi kesatuan tempatnya mengabdi. Polisi yang sedang menanti tandatangan Kapolda untuk Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) ini ditangkap saat sedang mengambil narkoba jenis sabu di Pendowoharjo Sewon Bantul 3 Januari 2018 lalu.

Kombes Pol Wisnu Widarto Dirnarkoba Polda DIY dalam release di Mapolda DIY Senin (8/1/2018) mengungkap tersangka sebelumnya memang sudah menjadi target operasi petugas atas penyalahgunaan narkoba. Di persidangan kasus serupa, nama oknum disersi polisi tersebut sempat disebut yang membuat petugas memburunya.

“Kami tetapkan DPO sejak 2017 lalu dan akhirnya bisa ditangkap 3 Januari 2018 di Pendowoharjo Sewon Bantul pukul 20.00 WIB setelah mengambil narkoba jenis sabu yang saat ditimbang beratnya 0,66 gram. Kami amankan yang bersangkutan dan ternyata dia adalah anggota polisi berpangkat Brigadir,” terangnya.

Dari penelusuran polisi, Brigadir Dihandono mendapatkan narkoba dengan memesan melalui pesan singkat. Polisi pun kini terus menelusuri asal barang haram yang dibeli salah satu abdi negara tersebut.

“Anggota masih dilapangan untuk mencari jaringan pengedar di atas dia (tersangka). Kami akan terus menelusuri peredaran narkoba yang ada di wilayah hukum Polda DIY,” tegasnya.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto menambahkan tersangka sejak 2011 memang telah mendapat teguran keras karena menggunakan aphtemine dan sempat disel selama 21 hari di Mapolda. “Yang bersangkutan cukup lama di Ditresnarkoba sebelum dimutasi ke Polres Kulonprogo dan ditunda kenaikan jabatan selama satu tahun. Dia kini sedang menunggu tandatangan Kapolda untuk PTDH,” tegas Yuliyanto.

Meski anggota polisi, tersangka tetap dikenakan Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukuman penjara dalam waktu cukup lama pun menanti pria tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI