Anak Bawah Umur Jadi Otak Pencurian di Gudang

SLEMAN, KRJOGJA.com – Petugas Unit Reskrim Polsek Cangkringan berhasil mengamankan lima pelaku pencurian. Beraksi di gudang milik sebuah kampus swasta, kelima pemuda itu menggasak satu unit mesin genset, dua alat pemotong rumput dan satu unit mesin las listrik.

Kapolsek Cangkringan AKP Nidia Ratih mengungkapkan, kelima pelaku yakni AP alias Cebret (25) warga Pakem, JN (24) asal Ngaglik, DW alias Si Cong (19) warga Pakem DW alias Sicong (19) warga Pakem, RR (22) alias Cemet warga Sleman dan P (17) warga Sleman. Dijelaskan, pencurian terjadi di gudang di Pentingsari, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Rabu (22/9/2021) malam.

“Kelima pelaku datang ke TKP mengendarai mobil Honda Brio sekitar pukul 23.00 WIB. Empat orang di antaranya, turun dari mobil dan beraksi di dalam gudang, sedangkan seorang menunggu di dalam mobil,” ujar Kapolsek, Senin (25/10/2021).

Mereka masuk ke dalam gudang melewati pintu gerbang wisma yang terkunci. Untuk memuluskan aksinya, mereka terlebih dahulu merusak kunci gembok wisma. Selanjutnya, mereka menuju gudang dan mencuri alat-alat itu dan memasukkannya ke dalam mobil secara bersama-sama. Setelah mendapatkan laporan, polisi melakukan penyelidikan hingga akhirnya menemukan titik terang pelaku. Penangkapan pertama, dilakukan terhadap tersangka Cebret di rumahnya. Selanjutnya, polisi mengembangkan keterangan Cebret dan mengamankan Si Cong dan JN saat di Denggung, dan dua tersangka lainnya di wilayah Gunungkidul.

“Tersangka Cebret ini merupakan residivis kasus pencurian kendaraan bermotor di Sleman dan Ngaglik. Namun dalam kasus pencurian yang kami tangani, otak aksi diduga adalah RR dan P,” ungkap Kapolsek.

AKP Nidia menyebutkan, hasil curian belum sempat dijual dan berhasil diamankan di rumah salah satu tersangka. “Jadi setelah beraksi, mereka menyembunyikan barang curian ke rumah tersangka Cebret. Para tersangka kami jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian yang disertai pemberatan,” pungkasnya.(Ayu)

 

BERITA REKOMENDASI