Bakal Dibawa ke Lapas, Terdakwa Ini Sembunyikan Tembakau Gorila di Anus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sungguh nekat apa yang dilakoni SS (35). Pria berstatus terdakwa kasus narkoba ini berniat menyelundupkan tembakau gorila ke dalam Lapas. Namun aksinya terendus polisi.

Baca Juga: Sekolah di Yogya, Palajar Asal Papua Ini Ceritakan Pengalamannya

Untuk mengelabuhi petugas, SS menyembunyikan tembakau gorila seberat 5,1 gram di dalam anusnya. Aksi itu dilakukannya saat mengikuti proses persidangan di PN Sleman.

"Petugas melakukan penyelidikan dan penangkapan di Pengadilan Negeri (PN) Sleman terhadap tersangka SS," kata Kasat narkoba Polres Sleman AKP Andhyka Donny kepada wartawan saat jumpa pers di Mapolres Sleman, Kamis (12/09/2019).

SS menjalani persidangan setelah sebelumnya terlibat kasus obat-obatan terlarang.

Mudus penyelundupan, waktu SS akan menjalani persidangan di PN Sleman pada Selasa 06 Agustus 2019, barang tersebut diambil oleh tersangka yang sudah diletakan pihak pertama di dalam ruangan. Barang tersebut ditempel menggunakan salotip.

Setelah di ambil, SS sembunyikan barang tersebut di dubur atau anusnya. Barang tersebut akan SS gunakan di lapas. Namun aksinya sudah terendus oleh petugas lapangan. Polisi langsung bergerak mengamankan tersangka.

"Saat ini SS masih menjalankan proses persidangan terlebih dahulu. Setelah selesai kasus pertama, nanti SS akan kembali di proses," jelasnya.

"Untuk yang meletakan maupun menaro barang tersebut, masih dalam pengejaran untuk kami amankan juga," imbuhnya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) sebanyak 51 gram tembakau Gorilla berikut bungkusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman juga berhasil mengamankan dan merilis 5 tersangka lainnya atas kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan 1 bukan tanaman jenis Shabu.

Mereka adalah NR (24) Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Condong Catur Depok Sleman, dengan BB 30 paket narkotika jenis Shabu dengan berat 18 gram. 

EK (23) asal Makasar, DC (23) asal Kaliwaru Condong Catur Depok Sleman, JI (25) Tapanuli Utara Sumatra Selatan. Ketiganya merupakan mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta. Adapun BB yang diamankan lima bungkus tembakau Gorilla dengan berat 20 gram.

IN (34) warga Godean, Sleman. Dengan TKP di Godean dengan BB Pil Trihexyphenidy dengan jumlah 200 butir.

Baca Juga: Mengaku Sebagai Anggota TNI, Sudiyar Perdaya 17 Wanita

Atas kasus tersebut, ke enam tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2 pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit satu miliar Paling banyak Rp 10 miliar.

Pasal 112 ayat 2 pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan paling banyak Rp 8 miliar ditambah 1/3, UU RI Nomor 35 tahun 2019 tentang narkotika selama 4 tahun penjara. (Ive)

BERITA REKOMENDASI