Bantuan Hukum Masyarakat Miskin Segera Jadi Raperda Inisiatif Dewan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Raperda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin dan Kelompok Rentan akan menjadi raperda inisiatif dewan. Hal tersebut ditegaskan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DIY, Yuni Satia Rahayu dalam.diskusi di Ruang Rapat Gabungan Sekretariat DPRD DIY, Senin (16/12/2019).

Yuni meminta ada perbaikan dan revisi agar raperda tersebut sempurna sebelum dibentuk pansus. "Dengan adanya masukan dalam forum diskusi ini, naskah akademik ke depan lebih menjadi lebih baik dan sempurna.
Salah satunya seperti apa pentingnya raperda ini dibuat," kata Yuni menjelaskan.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto berharap segera dilakukan revisi dan perbaikan Raperda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin dan Kelompok Rentan yang telah diajukan ke dewan. Eko melihat masih banyak hal-hal yang perlu diperjelas dalam pasal raperda yang dimasukkan ke DPRD DIY.

Eko juga meminta tidak perlu tergesa-gesa untuk mewujudkan raperda menjadi perda. Menurutnya yang perlu dilakukan saat ini yakni mematangkan dahulu poin-poin dalam reperda tersebut sebelum disahkan dewan.

Sementara itu perwakilan dari LBH Antik, Andrie Irawan SH MH menyatakan kebutuhan perda tersebut bukan hanya bagi pemberi bantuan hukum saja, tetapi juga sebagai jawaban atas keinginan masyarakat miskin dan kelompok rentan. "Untuk itu kami akan terus berjuang karena ini menjadi sesuatu yang baik bagi warga DIY," tegas Andrie Irawan. (*)h

BERITA REKOMENDASI