Begal Berseragam Polisi Rampok Truk

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG (KRjogja.com) – Polda Jateng berhasil menangkap dua begal yang selama ini sering beraksi menghadang dan merampok truk tronton yang melintas kawasan jalan lingkar Waleri Kendal. Dalam aksinya komplotan begal ini melengkapi diri dengan senjata api dan tak segan-segan melukai sopir truk. Bahkan seorang anggota kawanan ini selalu mengenakan seragam Polisi dan berpura-pura sebagai aparat.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol A Liliek Darminto mengungkapkan, dari empat orang pelaku, petugas berhasil menangkap dua orang diantaranya yakni JT (48) warga Sidoarjo Jawa Timur (Jatim) dan JA (54) warga Lampung. Kedua begal ini diringkus di Jalan Soekarno Hatta Kendal dan mengamankan truk tronton yang dirampok pelaku.

“Dua pelaku berhasil ditangkap, sedangkan lainnya termasuk yang menyamar sebagai anggota Polisi masih dalam pengejaran. Barang bukti yang berhasil diamankan yakni senjata api rakitan jenis revolver beserta 3 butir peluru, dua borgol tulisan Polri, truk tronton putih  tertulis W-9253-US dan satu alat pengacak GPS,” ungkap Liliek Darminto pada gelar barang bukti di Mapolda Jateng, Rabu (03/08/2016).

Kawanan pelaku ini terakhir beraksi Rabu (27/07/2016) di jalur lingkar Waleri Kendal. Saat itu para pelaku dengan menaiki Toyota Avanza mencegat sebuah truk tronton W-9253-US bermuatan 542 bal rokok.

Seorang pelaku berseragam Polri lengkap baret warna cokelat turun dan memaksa sopir Jamroni dan kernet Kartimin untuk turun. Dengan menodong menggunakan pistol rakitan pelaku memasukan korban ke dalam mobil dan pelaku lain membawa truk tronton hasil kejahatan pergi dari lokasi.

Dengan tangan serta kaki terikat dan mata juga mulut dilakban kedua korban lalu dibuang di pinggir jalan. Setelah mendapat laporan adanya aksi pembegalan akhirnya Polisi melakukan pengejaran dan menangkap dua pelaku.

Saat diamankan rokok yang berada di dalam truk telah ludes. Menurut pengakuan tersangka seluruh isi muatan telah dibongkar di jalur lingkar Weleri. (Cry)

BERITA REKOMENDASI