Begini Kronologi Penangkapan Pensiunan ASN yang Catut Institusi Korem 072/Pamungkas

YOGYA, KRJOGJA.com – HR (61) warga Ngadinegaran, Mantrijeron, Yogya, Selasa (25/5/2021) berhasil ditangkap petugas intel Kodim 0734/Yogyakarta. Penangkapan dilakukan oleh 3 prajurit intel Kodim Yogya masing-masing Serma Sukiman, Serma Bondan dan Serda Irwan yang dipimpin langsung Danramil 02/Tegalrejo Mayor Arh Asil Harjanta sekitar pukul 14.00 di rumah pelaku, RT 17 RW 04 Pakuncen, Wirobrajan, Yogya.

Pria yang merupakan pensiunan PNS ini ditangkap karena telah melakukan penipuan kepada sejumlah masyarakat di wilayah Sudagaran, Tegalrejo, Yogya. Modus yang dilakukan pelaku adalah dengan mendatangi warga dan mengaku dari satuan Korem 072/Pamungkas untuk meminta bantuan sumbangan yang akan disalurkan kepada salah satu panti asuhan di Bantul.

Dengan membuat surat palsu dengan kop surat Satuan Korem 072/Pamungkas bertuliskan ‘Masjid Al Hidayah’ Korem 072/Pamungkas, pelaku mampu meraup uang sumbangan mencapai satu juta rupiah. Dan sekira pukul 10.00 WIB pelaku mendatangi saksi korban Agung Yulianto warga Sudagaran, Tegalrejo, Yogya untuk megturakan maksudnya meminta sumbangan dengan menyodorkan prosposal. Oleh saksi yang merasa ada keganjilan dengan proposal tersebut, Agung Yulianto pun segera melaporkan ke Koramil 02/Tegalrejo.

“Sekitar pukul 10.30 WIB, saya menerima laporan dari warga yaitu bapak Agung Yulianto yang melaporkan adanya orang yang mengaku aparat dari Korem 072/Pamungkas meminta sumbangan atas Masjid Al Hidayah Korem 072/Pamungkas. Maka segera saya perintahkan Babinsa untuk melakukan pengecekan. Tapi ternyata pelaku sudah pergi,” terang Danramil 02/Tegalrejo, Mayor Arh Asil Harjanta.

BERITA REKOMENDASI