Begini Kronologi Penangkapan Pensiunan ASN yang Catut Institusi Korem 072/Pamungkas

Tak selang lama, Danramil tegalrejo juga mendapat laporan sejumlah warga dengan kasus serupa. “Saya kemudian menindaklanjuti dengan segera malaporkan kepada pimpinan (Dandim 0734/Yogyakarta) terkait hal ini untuk mendapatkan arahan dan petunjuk,” sambung Mayor Asil.

Usai menerima perintah, Mayor Asil beserta 3 anggota unit intel Kodim Yogya, Serma Sukiman, Serma Bondan dan Serda Irwan segera melakukan pencarian dan pengejaran disertai penangkan terhadap pelaku.

“Kami datangi rumah pelaku, namun pelaku tidak ada di rumah. Setelah kami sanggong dan berkoordinasi dengan Ketua RT tempat tinggal pelaku, akhirnya pelaku bisa dibujuk untuk pulang ke rumah dan kami amankan dan langsung kami bawa ke Mako Kodim 0734/Yogyakarta guna dimintai keterangan,” ungkap Mayor Asil.

Dari keterangan yang diperoleh saat dilakukan introgasi oleh satuan intel Kodim Yogya, bahwa pelaku sudah menjalankan aksinya sejak beberapa hari yang lalu, dan sudah berhasil meraup uang sebesar satu juta lima puluh ribu rupiah. Dirinya mengakui dan tidak menampik jika uang tersebut ia gunakan untuk kepentingan pribadi, salah satu diantaranya untuk membiayai SPP ananknya.

Dari hasil penangkapan tersebut, unit Kodim 0734/Yogyakarta berhasil menyita barang bukti (BB) berupa handphone, uang sebesar Rp 550 ribu dan kendaraan roda dua jenis Honda Beat Nopol AB 5575 SI.

“Sesuai arahan, petunjuk berikut intruksi Dandim 0734/Yogyakarta, usai kami lakukan penyelidikan dan membuat berita acara terhadap pelaku, selanjutnya pelaku kami serahkan kepada kepolisian (Polresta Yogya) untuk dilakukan proses hukum yang berlaku. Hal ini mengingat tindakan pelaku bukan saja telah merugikan masyarakat namun juga sudah mencemarkan nama baik institusi TNI AD, khususnya satuan Korem 072/Pamungkas,” urai Mayor Asil.

BERITA REKOMENDASI