Beli Rokok Pakai Upal, Dibekuk

BOYOLALI (KRjogja.com) – Dua pengedar uang palsu (upal), Adeki Reky Endah Saputro (20) warga Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, dan Panut Anto Purwoko (38) warga Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, berhasil dibekuk warga saat beraksi di Desa Keyongan, Kecamatan Nogosari, Senin (19/09/2016) siang.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, keduanya mengedarkan upal dengan modus membelanjakan upal pecahan 100 ribu di warung untuk membeli rokok  atau minuman sehingga mendapat kembalian uang asli. Modus tersebut berjalan mulus di beberapa lokasi. Namun saat keduanya membeli rokok di sebuah warung di Desa Keyongan. Saat membeli sebungkus rokok dengan selembar upal, bukan kembalian uang asli yang mereka terima, namun lemparan balok kayu dan teriakan maling dari pemilik warung yang mengenali upal untuk transaksi. 

Panut yang tak sempat kabur langsung disergap dan diberi bogem mentah oleh warga. Beruntung petugas kepolisian sigap mengamankan Panut. Sedang Reky yang sempat melarikan diri berhasil ditangkap polisi bersama warga yang melakukan pengejaran.

Kapolres Boyolali AKBP M Agung Suyono melalui Kapolsek Nogosari AKP Warsito menjelaskan, kedua pelaku saat ini sudah mendapat perawatan medis dan sudah diamankan di Mapolsek Nogosari untuk penyelidikan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan, terkuak jika para pelaku setidaknya sudah tujuh kali membelanjakan upal pecahan seratus ribu. (R-11)

BERITA REKOMENDASI