Beraksi Lintas Provinsi, Pasutri Otaki Pencurian Data Kartu Kredit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Petugas Ditreskrimsus Polda DIY menggulung komplotan pencuri data kartu kredit dengan modus ‘telecom fraud’. Dua dari 9 pelaku yang ditangkap, merupakan pasangan suami istri (pasutri), sekaligus otak kejahatan yakni AP dan istrinya, MA.

Keduanya, mempekerjakan tujuh tersangka lainnya yakni BD, IR, AS, IW, SW, WV dan YN dengan pembagian tugas tertentu. Dirreskrimsus Polda DIY AKBP Roberto Pasaribu SIK menjelaskan, kesembilan tersangka ditangkap di sebuah rumah di Jakarta Selatan, yang selama ini mereka jadikan markas untuk beroperasi. Pengungkapan kasus ini berawal laporan dua warga yang berdomisili di Yogya, setelah mendapatkan notifikasi tagihan yang tidak pernah dilakukan.

“Modus kejahatan yang mereka lakukan, istilahnya ‘telecom fraud’, yakni mengaku sebagai customer service (CS) penerbit kartu kredit. Mereka kemudian menawarkan promo dan memandu korban untuk melakukan aktifasi kredit secara online. Saat ditelpon, korban yakin mereka merupakan CS dari penerbit kartu kredit, sehingga memberikan data-data yang diminta,” jelas Pasaribu didampingi Kabid Humas Kombes Pol Yuliyanto SIK, Rabu (10/11/2021).

BERITA REKOMENDASI