Berdalih Wisatawan Kehabisan ‘Sangu’, Dadang Nekat Counter HP

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – As alias Dadang (42) warga Bale Endah Bandung Jawa Barat hanya bisa tertunduk malu saat berada di Halaman Mapolres Sleman Selasa (19/9/2017). Pria yang kesehariannya menjadi penjual souvenir ini harus berurusan dengan polisi setelah kedapatan membobol sebuah konter handphone di Condongcatur Depok Sleman bulan Juli lalu. 

Kepada polisi, As mengaku saat kejadian ia bersama tiga rekannya mengendarai sepeda motor dari Bandung untuk berwisata ke Yogyakarta. Dua hari di Yogya mengunjungi Borobudur dan Parangtritis, para tersangka lantas kehabisan uang dan muncul niat buruk membobol sebuah konter handphone dan kamar kost di kawasan Kota Yogyakarta. 

"Kami amankan As di Bandung di mana dia ini salah satu pelaku yang mengaku berwisata ke Yogyakarta dan kehabisan uang lalu melakukan tindak kejahatan. Satu kali di kamar kost kawasan Yogyakarta dan sekali membobol konter handphone di Caturtunggal Depok Sleman," ungkap Wakapolres Sleman Kompol Heru Muslimin Selasa (19/9/2017). 

Dari konter tersebut, para tersangka berhasil menggondol 10 unit handphone dengan total nominal hingga Rp 50 juta yang kemudian dijual untuk mendapat uang. "Modusnya mereka mencongkel gembok rolling door dengan obeng dan langsung menggasak telpon genggam di dalamnya," sambung Wakapolres. 

Tersangka As sendiri mengaku berperan sebagai pengendara motor dan memantau keadaan saat tiga pelaku lain beraksi membobol konter handphone. Ia mendapat bagian satu unit handphone serta uang Rp 300 ribu. 

Polisi kini terus melakukan pengejaran pada tiga pelaku lain yang identitasnya telah dikantongi. Tersangka As dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman penjara 7 tahun. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI