Berkedok Bisa Jadikan PNS Polisi Gadungan Kuras Kantong Korban Hingga Rp 1,707 Miliar

Editor: Ary B Prass

CILACAP, KRJOGJA.com – Menguras dana korbannya sampai Rp 1,07 miliar, MS (27) swasta pelaku kasus penipuan warga Desa Panisian Kecamatan Maos, Cilacap dibekuk tim Rekrim Polres Cilacap.

Untuk memuluskan aksi tipuannya, pelaku mengaku-aku anggota Polri dengan pangkat Aiptu.

Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, Selasa (12/07/2022) mengatakan, kasus tersebut mulai terjadi tahun 2018, ketika korban dan pelaku bertemu pada suatu tempat pencucian mobil di daerah Kalisabuk, Kesugihan.

Kemudian dilanjutkan dengan saling tukar nomor HP, sehingga beberapa hari kemudian pelaku menghubungi korban dan menyatakan jika anak korban bisa dibantu untuk menjadi Dosen PNS pada suatu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta.

Guna mengelabui korban, pelaku MS bertandang ke rumah korban dengan menggenakan pakaian seragan Polri dengan pangkat Aiptu.

Hal tersebut membuat korban merasa yakin jika pelaku itu benar-benar anggota Polri yang bisa membantu anaknya menjadi PNS disuatu PTN di Yogya.

Apalagi pelaku menunnjukan surat tugas perekrut calon PNS dari Kementrian Dalam Negeri.
Sehingga saat itu korban dengan legawa menyerahkan kembali dana Rp 150 juta.

Beberapa hari kemudian pelaku mendatangi rumah korban dan meminta sejumlah uang lagi, alasannya karena konon pimpinan perguruan tinggi yang dimaksud minta tambahan uang.

Aksi tipu-tipu itu ang berlangsung sampai 20 kali dengan korban warga Desa Kuripan Kidul itupun terus berlanjut hingga tahun 2021 dengan jumlah permintaan dana tambahannya mencapai Rp 1,071 M.

“Sebenarnya pada tahun 2021, korban sempat mempertanyakan ke pelaku, mengapa anak korban tidak kunjung menjadi PNS,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI