Buser Bekuk Juragan Telur ‘Abal-abal’

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Buru  Sergap (Buser)  Polsek Banguntapan Bantul membekuk tersangka penipuan dengan modus penanaman modal usaha jual beli telur. Tersangka Mr (32) asal  Purworejo  Jawa Tengah  disergap petugas dirumahnya awal pekan lalu. Hingga kini kasus tersebut masih ditangani Reskrim Polsek Banguntapan. 

Sebagaimana diketahui kasus penipuan  tersebut terjadi akhir Desember 2017 di sebuah hotel di sekitar JEC. Dalam kasus itu tersangka menipu Akbar  Asyisyam warga Kramat Jati Jakarta Timur.  
Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH didampingi Panit 1 Reskrim Polsek Banguntapan, Aiptu Agus Rudationo SH mengatakan, sebelum kasus penipuan terjadi korban dan rekan rekannya bertemu dengan tersangka Mr di sebuah hotel. 

"Dalam pembicaraan itu, tersangka menawarkan kerjasama untuk bisnis  jual beli telur.  Bahkan untuk meyakinkan calon korbannya dengan menyertakan modal Rp 100 juta," kata Kompol Suhadi.

Kompol Suhadi menjelaskan tersangka Mr bisa memberikan keuntungan laba Rp 20 juta setiap minggunya. Tawaran bisnis dengan keuntungan puluhan juta setiap pekan  itu membuat korban langsung tertarik. Setelah pertemuan itu korban langsung transfer uang sebanyak lima kali dengan  total mencapai Rp 319 juta. 

Banyaknya uang yang diberikan kepada Mr, kata Kompol Suhadi karena korban ingin cepat modalnya kembali. Karena dalam pembicaraan awal itu, tersangka Mr tidak hanya sekadar distributor telur di wilayah Purworejo, namun sudah mampu menjangkau Jawa Tengah. Tidak hanya itu, dalam setiap Minggu , setidaknya mampu menjual telur hingga 1 ton telur ayam. 

Dengan cerita manis itulah yang  membuat korban terbuai dengan tawaran Kentungan berlipat.  Sehingga tidak ragu lagi mentransfer uang yang jumlahnya mencapai Rp 319 juta.  Namun korban mulai curiga lantaran janji manis yang diucapkan tersangka Mr tidak pernah ditepati. (Roy)

BERITA REKOMENDASI