Catut Nama Bupati, Pelaku Pemerasan Pejabat Sukoharjo Ditangkap

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelaku pemerasan terhadap pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo berhasil ditangkap. ASP (36) warga Pasar Kliwon, Solo ditangkap petugas Polres Sukoharjo setelah memeras Kepala Badan Keuangan Daerah Sukoharjo RM Suseno Wijayanto sebesar Rp 100 juta.

Wakapolres Sukoharjo Kompol M Ifan Hariyat, Selasa (19/12/2017) mengatakan, kasus pemerasan terjadi pada 24 Agustus lalu. Sekitar pukul 10.00 pelaku ASP mendatangi kantor tempat korban sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah Sukoharjo RM Suseno Wijayanto.

Pelaku ASP meminta uang sebesar Rp 100 juta kepada korban dengan modus mengatasnamakan Bupati Sukoharjo. Uang akan dipakai dengan dalih pengerahan massa sebagai suporter sepakbola.

Korban kemudian menyanggupi permintaan pelaku dengan cara mentransfer uang sebesar Rp 100 juta. Namun setelah mencari informasi RM Suseno Wijayanto kemudian menyadari menjadi korban penipuan.

Selanjutnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Sukoharjo. Polisi yang mendapat laporan kemudian langsung menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

Pelaku pemerasan dan penipuan akhirnya bisa ditangkap petugas Polres Sukoharjo pada 10 November lalu. Pelaku ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Dihadapan petugas pelaku mengakui perbuatannya.

“Masih dilakukan pemeriksaan apakah pelaku juga melakukan aksi dengan modus serupa dengan sasaran pejabat di Sukoharjo atau pejabat di daerah lain,” ujarnya.

Uang sebesar Rp 100 juta yang didapat dari korban digunakan pelaku untuk keperluan pribadi. Seperti membli sepeda motor dan lainnya. Barang bukti yang disita petugas dari pelaku diantaranya yakni, sebuah sepeda motor, satu buah almari, satu buah televisi, satu buah AC standing. “Pelaku dijerat dengan Pasal 368 KUHP yo 378 KUHP,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI