Curi Durian Tetangga, Yatno Dikecrek

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Yatno (35) warga Kebonsari RT 1 RW 12 Pendowo Kranggan Temanggung babak belur dihajar tetangganya sendiri karena ketahuan mencuri durian, Jumat (15/12/2017) pagi. 

Polisi yang berpatroli segera menyelamatkan dari amukan warga yang marah dan mengamankannya di Mapolsek Kranggan. Setidaknya 16 durian dijadikan barang-bukti kejahatan.

Korban pencurian Sartono mengatakan warga resah dengan maraknya pencurian durian di kebun yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir. Usaha ronda di kebun yang diterapkan warga tidak membuahkan hasil. " Pencurian tetap ada meski ada ronda," katanya. 

Dia mengatakan warga mencurigai Yatno sebab meski tidak punya pohon durian namun menjual durian dalam jumlah banyak ke pasar setempat. " Yatno memang kulakan di petani, tetapi kulaknya lima buah jualnya lebih dari 20 buah," katanya. 

Korban lainnya, Faizin mengatakan Kamis malam ada sejumlah durian di pohon dikebun miliknya yang hilang. Ternyata warga yang lain juga mengeluh hal yang sama. Warga lantas sepakat mencarinya hingga kemudian Jumat pagi terlihat Yatno pergi ke pasar mengangkut durian. 

"Yatno semula tidak mengaku, tetapi saya paham durian yang dibawa itu yang dikebun. Akhirnya dia tidak mengelak, warga lantas marah dengan memukulinyam," katanya  

Kapolsek Kranggan AKP Yanu fajar Saptono SE mengatakan Yatno telah mengakui perbuatannya mencuri 16 buah durian. Tersangka ditangkap saat membawa barang curian ke pasar. " Tersangka di jerat dengan pasal 364 KUHP dengan ancaman hukuman maksimum 3 bulan," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI