Curi Kotak Amal, Kakek Lebaran di Penjara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bukannya berangkat ke masjid untuk beribadah, seorang kakek malah pulang membawa kotak infaq. Dengan berpura-pura menjalankan salat, San (70) warga Pacitan menggondol kotak amal berisi uang ratusan ribu rupiah. Akibat perbuatannya itu tersangka dipastikan akan Lebaran di balik jeruji sel tahanan.

Kapolsekta Mantrijeron, Kompol Agus Setyabudi mengungkapkan, pencurian kotak infaq tersebut terjadi di Masjid Al Falah, Seryodiningratan, Jumat (23/06/2017) sore kemarin. Pelaku datang ke masjid tersebut dan berpura-pura melaksanakan Salat Ashar.

Usai ibadah tersangka berpura-pura berdoa lalu berdzikir. Setelah situasi sepi pelaku langsung keluar masjid sambil membawa kotak amal yang berada di sudut ruangan, namun aksi tersebut diketahui seorang takmir.

Pelaku cepat-cepat kabur dengan menggunakan sepeda onthel namun akhirnya berhasil ditangkap warga bersama para takmir. Karena kondisi tersangka yang sudah renta, massa tak menghakiminya dan langsung diserahkan kepada Polisi.

"Tersangka mengambil kotak amal berisi Rp 670 ribu. Yang bersangkutan telah kami amankan berikut barang bukti kejahatan," terang Agus Setyabudi di Mapolsekta Mantrijeron, Sabtu (24/06/2017).

Dari pengakuan tersangka, ia telah melakukan pencurian di masjid tersebut sebanyak tiga kali. Kini Polisi tengah mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap adanya TKP lain tindak kejahatan yang dilakukan tersangka. (Van)

BERITA REKOMENDASI